Program Bantuan Assesmen, Intervensi & Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus

 
Yayasan Indonesia Peduli Anak Berkebutuhan Khusus membuat program penanganan bagi anak-anak yang mengalami gangguan perkembangan dan anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

Keragaman kekhususan yang saat ini banyak mendapat perhatian penanganan dari YIPABK yaitu anak-anak dengan kondisi: Autisma dan spektrumnya, ADHD atau anak dengan gangguan konsentrasi dan hiperaktivitas, Learning Disabilities atau anak dengan gangguan belajar, Gifted-disinkroni atau anak dengan kecerdasan dan bakat yang istimewa namun mengalami gangguan perkembangan, dan Down Syndrome atau anak dengan keterbelakangan perkembangan fisik dan mental.

Sejak 2013 – Juni 2015, YIPABK telah membantu 25 anak untuk mendapatkan asesmen hingga intervensi terapi dan program pembelajaran individu (Individual Educational Program).

Selain membantu secara individu, YIPABK juga mengadakan kerja sama dengan Yayasan HOPE Worldwide Indonesia yang selama ini telah bekerja melayani pendidikan dan kesehatan anak-anak di permukiman-permukiman miskin. Bentuk dukungan yang diberikan berupa program assessment, treatment plan & intervention untuk anak-anak yang mengalami permasalahan perkembangan dan gangguan belajar.
May 31, 2016
Fay bersama terapis Benny dalam ruangan terapi di YIPABK- PEACE

Sebelum Terapi di YIPABK, Fay Susah Diatur

  Nama : Fairuz Khairunnisa Nama Panggilan: Fay Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 26 Februari 1998 (18 tahun 3 bulan) Nama Ayah: Tian Arief Nama Ibu: Efin Fintiana Kekhususan: Autisme Infantil (sejak lahir) Sekolah: SMP Bizsmart (lulus 2 tahun lalu) Alamat: Perumahan Sasakpanjang Permai J4/20 RT 2 RW 12, Tajurhalang, Kabupaten Bogor Perkenalan kami dengan Yayasan Indonesia Peduli Anak Berkebutuhan Khusus (YIPABK), sewaktu Fay diikutsertakan program Social Club -program bagi ABK yang sudah berusia remaja- oleh Bu Adi Nugroho, sekitar 2 tahun lalu. Saat itu, setiap mengantarkan Fay ke Menara Kuningan, saya selalu waswas, bagaimana pulangnya nanti. Pasalnya, setiap waktu pulang […]
December 14, 2015
P1060405

Amazing Fay

Di suatu pagi, Fay pergi dari rumah tanpa sepengetahuan kedua orang tuanya. Kedua orang tua Fay kaget bercampur panik ketika tahu Fay tak ada di rumah. Tetangga juga tak ada yang melihat barangkali ke arah mana Fay pergi. Sama sekali tak ada informasi. Pencarian dilakukan ke pelosok kampung hingga ke terminal Cibinong. Fay dan kedua orang tuanya tinggal di kampung Sasakpanjang, Sawangan, perbatasan Depok-Bogor. Upaya mencari Fay hasilnya nihil. Fay hilang!!! Fay yang bernama lengkap Fairus Khairunnisa adalah gadis remaja penyandang autistik. Usianya waktu itu 15 tahun. Namun, seperti anak-anak dalam spektrum autistik, Fay memiliki kemampuan komunikasi-verbal yang minim. Jalan […]